DEKSTOP PUBLISHING

Pada mulanya Komputer pribadi hanya digunakan untuk megelahan teks, tetapi akhirnya dipergunakan juga untuk memenuhi kebutuhan media cetak. Misalnya, dengan Teknologi Desktop Publishing yang dibantu komputer pribadi, kita dapat mencetak lembaran tertulis, lembaran propek, lembaran untuk seminar yang repsentatif, bahkan mencetak sebuah buku dengan baik.

            Sampai saat ini, teks yang dibuat dengan computer pribadi dapat memenuhi segala persyratan kita, yaitu dapat menampilkan beranika ragam model huruf, sehingga secara optis akan tanpak memuaskan. Dengan terciptanya laser printer dewasa ini, maka jangkauan untuk mancapai tingkan modern pada media cetak akan semakin dekat. Jika dilihat dari sudut ilustrasi, program teks “word” sudah merupakan suatu program cetak. Dengan Desktop Publishing Software yang dibantu dengan scanner kita dapat men-sortir teks, gambar dan lampiran gambar, dapat mengolah dan menyusun suuatu dokumen bahkan dapat dilengkapi dengan garfik yang sempurna.

            Siapa yang mengunakan teknik ini, harus mengethaui kemampuan yang dimiliki dari teknik ini. Dengan Desktop Publishing yang sederhana bersama matrix printer yang harganya tidah begitu mahal. Kita dapat mencetak satu majalah organisasi berita perkumpulan, yang kualitasnya tidak begitu baik. Jika kita menghasilkan hasil yang secara typografi dan optis yang baik, maka kita memrlukan laser printer yang mempunyai kemampuan kerja dengan 3000 titik untuk setiap inci di samping kekususan yang dimiliki oleh program Desktop Publishing yaitu memberikan kebebasan bagi pemakainya di dalam menyusun, dan memberian kesemapatan bermain dengan grafik, juga ada program khusus pembuatan naskah Satzprogram (satz = kata) yang amampu megendalikan cara kerja laser printer, sehingga sehingga dapat diterbitkan sebuah dokumen yang secara optis cukup memuaskan. Tetapi program membuat naskah untuk computer pribadi ini hanya mempunyai kemampuan yang sangat sederhana untuk mengkaitkan gambar ke dalam teks atau bahkan sama sekali tidak memiliki kemampuan tersebut. Bagian yang serasi antara program Desktop Publishing atau program cetak pada salah satu pihak dan program teks, bank data, program kalkulasi (=hitungan), program grafik dan scanner di lain pihak adalah titik tolak yang sangat penting untuk bisa mencapai hasil yang memuaskan.

            Pada Desktop Publishing yang yang mempunyai perbandigan pada layar monitor ( seperti yang akan tercetak nanti ), maka computer pribadi yang murah akan terbentur pada kemampuannya. Barang siapa yang ingin bekerja secara profesinal, paling sedikit membutuhkan IBM PC-AT atau kompatibelnya yang bisa pekerjaan dengan cepat, atau lebih baik lagi computer yang mempunyai basis pada Intel Processor 80386. Ditambah lagi sebuah monitor untuk satu halaman, sebuah mouse untuk dapat mengendalikan data yang masuk, serta laser printer yang mempunyai kemampuan menghasilkan 3000 X 3000 titik setiap incianya dan juga menyimpan data untuk menyimpan data lebih dari 1(satu) MByte. Jika diperlukan kita dapat menggunakan scanner, yang mampu mengubah rancangan-rancanga yang sudah digitalisasi menjadi dokumen Desktop Publishing. Perlengkapan “hinghend” ini tidak diperlukan secara mutlak, jika kita igin bekerja dengan Desktop Publishing. Karena ke dua program Desktop Publishing yang tekenal bekerja dengan melayani permukaan GEM dari Digital Research dan Windows dari Microsoft, maka kita dapat mulai bekerja dari tingkat yang paling sederhana dengan suatu sistim yang tidak terlalu mahal, misalnya kita dapat bekerja dengan Schnieder PC, Atari ST atau Commodore PC. Untuk monitor, diusulkan mengunakan monitor monochrom dengan grafik card dari sebuah kompatibel Herkules saja karena Printer. Dalam hal ini dapat dipakai IMB Garafik Printer atau Epson Escape/P-Standard atau kompatibelnya dan dot matrik printer yang mempunyai 9 (sembilan) jarum. Atau siapa yang mempunyai printer NEC, dapat dengan NEC yang mempunyai sistim pergerakan printer yang khusus untuk program tahapan, yang bahkan dengan dot matrix printer itu dapat dihasilkan 300×300 titk setia inci.

            Pada Desktop Publishing, kecepatan bukan merupakan hal yang terpenting. Tetapi karena pada monitor nanti akan tampak gambar, seperti pada hasil tercetak maka computer yang diperlukan ialah yang berkemampuan tinggi. Sebuah penyimpanan data (RAM) dengan kapasitas 640KByte sangatlah diperlukan, mengingat luasnya program. Di samping itu pada program yang dapat menciptakan gambar dan teks, dan juga sejumlah data yang penting pada proses pengelolahan gambar. Supaya kita dapat bekerja secara efektif, maka diperlukan PC yang mempunyai kemampuan menyimpan data lebih dari 20 MByte. Jika mungkin, laser printer dapat bekerja sama dengan HP Laserjet Plus atau Apple Laser Printer, yang bekerja dengan bahasa Printer Post Script. Dalam prkteknya nanti, kedua Laser Printer tersebut akan didukung penuh oleh program yang modern. Kecepatan dalam memberi hasil pada Printer itu dapat diabaikan, karena pada Desktop Publishing biasanya sistim cetaknya tidak akan bekerja dengan maksimal. Dalam hal ini pentrasferan data antara computer dan printer, dalam bentuk berlangsung agak lama dibandingkan waktu yang dibutuhkan oleh printer untuk mencetak. Gambar dan huruf ditulis dalam bentuk bit dan dikirim ke printer dalam bentuk bit juga.

                                                                       

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                  

 

                                                                  Ventura

                                                               PageMaker                            Desktop

                                                                                                              Publishing

Einfaches

Destop Publishing

PersonalPublisher

GEM Desktop Publishinher

 

Anspruchsholle

Dokumenterstellung

TEX

Comutersatz

 

                                                Gehobene Textverarbeitung

Microsoft Word

WordPerfect

Eurosript

WordStar 2000 V. 2

 

 

 

Gambar : tergantung dari kebutuhan, maka pasar Software menyediakan    alternatife/pilihan.

 

 

 

 

BAB II

PEMBAHASAN

A. SEJARAH

keiginan, untuk dapat mencetak sesuatu, dengan sebuah komputer pribadi seperti pada percetakan yang profesional, bukanlah barang yang baru. Langkah kita ke dalam teknik ini bermula pada teks ilmu pe­ngetahuan, yang biasanya hanya dicetak dalam jumlah yang sedikit. Program pengolahan teks ini menampilkan fungsi khusus yang beraneka ragam, Untuk memungkinkan dot matrix dan matrix printer, serta laser printer dapat digunakan sepenuhnya. Sebenarnya, Microsoft Word bukan sekedar program teks saja, melainkan lebih dari itu, yaitu sudah merupakan program naskah. Jika sebuah printer yang berkemampuan tinggi bisa bekerja sama dengan program secara optional maka dapat segera dibuat bahan rancangan, yang bisa memenuhi persyaratan untuk membuat sebuah berita, buku manual dan laporan tentang karya pengetahuan. Sebenarnya hal tersebut bergantung dari cara kita bekerja. Sebuah program yang diperlukan oleh komputer pribadi, akan ditandai dengan perkembangan program TEX. Program TEX adalah program membuat naskah yang dikembangkan di Universitas Stanford di bawah pimpinan Donald E. Knuth. Progam ini dapat mencetak teks yang pan­jang, yang diciptakan oleh program pengolahan teks. TEX menyediakan lebih dari 900 (sembilan ratus) perintah-perintah, dan yang paling menarik adalah huruf-huruf komputer yang dibuat oleh program tersebut. Huruf ini dikembangkan, agar supaya huruf khusus tersebut dapat dipakai oleh laser printer yang telah dihubungkan dengan system komputer. Versi TEX yang sekarang belum bisa berintegrasi dengan gambar. Diharapkan veysi-versi selanjutnya dapat mengambil alih gambar untuk  IBM PC dan kompatibel dari program grafik standar. Sekarang implementasi Macintosh sudah siap berintegrasi dengan gam­bar di dalam teks.

Sampai sekarang perkembangan yang nyata pada Desktop Publishing tampak pada Apple Macintosh. Hal ini disebabkan karena Macintosh seperti juga kebanyakan peneliti software, selalu menganggap hasil produknya sebggai “kaleng tertutup”, yang mempergunakan:

·         bagian yang hisa dihubungkan (dengan merk lain) selalu sama

·         kemampuan menggambax’ yang selalu sama

·         dan memputiyai format data yang sama sehingga hal ini memudahkan pemakaiannya

 

Dengan sistem software yang ada pada Macintosh, hal ini sangat membantu dalam perkembangan program Desktop Publishing seperta misalnya Page Maker, yang diperlukan sebagai bahan masukan data untuk program yang lain, yang akan dipergunakan oleh Macintosh. Dengan demikian data yang disimpan dalam komputer, pada Desktop Publishing, terserah macam apa saja, dapat disusun dalam bentuk yang kita kehendaki, dan akan dapat dicapai dengan cepat.

Yang agak sukar adalah keadaan pada standar industri, misalnya pada sistem IBM PC kompatibel. Kalau dari segi software sampai sekarang belum ada standar yang mengikat. Kedua sistem Desktop Publishing yang diperuntlikkan dunia IBM PC, yaitu Page Maker dan Ventura Publisher mempunyai basis pada lubang permukaan GEM Digital Research dan Microsoft Windows. Pada komputer Macintosh prograrm tesebut akan dapat menghasilkan pelayanan permukaan. Data program yang bekerja pada permukaan dan dapat langsung membuahkan hasil pada Desktop Publishing. Sebenarnya Ventura Publisher bekerja dengan sistem GEM, tetapi terdapat bagian yang berbeda-beda, seperti padu Teks, gambar atau grafik. Hal ini menyebabkan Ventura tidak mempunyai problem untuk secara otomatis mengadakan konversi informasi yang dibutuhkan.

Sebagai syarat standar untuk bahan rancangan teks, di samping Micro Pros Wordstar terdapat Microsoft Word yang memenuhi persyaratan. Untuk menjabarkan gambar, program akan bekerja dengan GEM Metafil atau dengan format PC Paintbrush. Bagian data ini akan diolah oleh beberapa program, sehingga pertukaran informasi pada PC tidak akau mengalami kesukaran. Barangsiapa yang memutuskan untuk bekerja dengan PC dan Desktop Publishing, harus pandai memilih program sehingga pada proses pengabungan nanti tidak diperlukan konversi lagi.

Barangsiapa yang dengan segala suka dukanya ingin mempergunakan Desktop Publishing, harus bisa menerima kenyataan, bahwa untuk itu semua diperlukan yang tidak sedikit.

Untuk dapat bekerja secara profesional, dibutuhkan monitor satu halaman penuh, sebuah laser printer berkemampuan menyimpan data cetak dalam jumlah besar, sebuah PC setidaknya dari jenis AT dengan kemampuan menyimpan data dalam jumlah besar. Hal tersebut di atas sangat di perlukan untuk pengolahan gambar pada mesin scanner. Jika anda selama ini sudah sering menggunakan PC, tidak dengan sendirinya, Anda dapat meningkat ke Desktop Publishing dengan mudah tetapi di samping pandai mempergunakan berbagai program dan hardware, maka untuk Desktop Publishing dibutuhkan pengetahuan dear tentang kemungkinan dalam menggambar grafik. Program itu mmengukur dengan tepat huruf tulis dan halaman layout dalarn titik dan (tingkat penulisan) seperti juga penyusun huruf cetaknya. Secara keseluruhan Desktop Publishing dapat dibedakan dari photoseft yang klasik itu hanya dengan melihat kenyataan, bahwa gambar yang harusnya  dengan reprokamera tetapi dibuat melalui scanner dan program garfik. Hasilnya dilakukan melalui laser printer, dan bukan dengan mempergunakan compography. Kemungkinan lain dalam menyusun dan menata, apalagi yang dalam bentuk grafik adalah sama. Untuk para pemula, memang akan ada kesukaran karena percetakan, pengarang, penyusun teks, reprograph, grafiker, layouter dan penyusun huruf ,yang bekerja sebagai satu team dalam produksi, maka fungsi mereka itu harus diambil alih secara keseluruhan oleh operator PC. Di samping itu menguasai hardware dan program, maka kita halur menpunyai pengetahuan dasar. Jika mungkin menguasai, disiplin ilmu yang lain, agar hasi mendapatkan hasil secara optis yang maksimal.

 

A. 1 Computer Aided Publishing

titik penentuan pada perkembangan Desktop Publishing adalah diskusi tentang penggunaan media elektronika dan komunikasi elektronika dan yang berlangsung pada beberapa tahun terakhir ini. Dokumentasi untuk bidang teknik dan bidang komersial adalah sangat penting. Ini dapat kita lihat misalnya pada perancangan pembuatan pesawat Jumbo Jet 747 produk dari pabrik Boeing. Dokumentasi yang ditulis secara detail tentang pesawat itu, mempunyai beban lebih dari kesanggupan pesawat itu untuk mengangkut barang.

Harapan para pemakai, pada Computer Aided dan Desktop Publishing lalah agar dapat mencetak dengan waktu yang lebih cepat dan dengan biaya yang lebih murah, jika dibandingkan dengan cara kerja yang konvensional. Tujuan ini sekarang sudah dapat dicapai dengan adanya, peralatan canggih seperti scanner, sistem komputer dan printer yang canggih dengan hanya lebih murah. Bahkan sekarang ini sudah tersedia program pembuatan naskah dan Desktop Publishing yang dapat didapat didapatkan dalam satu paket yang harganya relative terjangkau. Sebelumnya hal ini tidak dapat dibayangkan.

Ada 3 (tiga) pemikiran mikiran utama, yang menyertai perkembangan Desktop Publishing. Di satu pihak ada hasil produksi PC, yang semua komponenya, dengan memakai program Desktop Publishing seperti Vetura Publisher atau PageMaker akan digabungkan pada monitor dan hasilnya akan segera di cetak oleh laser printer. Cetakan dokumen itu, di dalam jumlah tidak begitu banyak akan segera di photocopy. Kemungkina kedua  ialah bahwa dokumen akan diambil secara reprografis dan selanjut diolah, sehingga dengan cara klasik percetakan kita dapat dapat membuat dokumentasi dan mencetak buku yang diperlukan. Dalam hal ini kemahiran kita dituntut untuk menyusun teks layout pada sebuah mesin setting agar segala kemungkinan untuk memp[ergunakan cara typografi yang selama ini tidak tersaing itu ada.

Tuntunan itu dirasakan juga pada pasar software. Dilihat dari satu sisi, maka semua yang tergabung dalam program Desktop Publishing, teks dan gambar akan dapat dihasilkan dengan memakai program lain pada PC yang dapat dikategorikan sebagai program layout dari sebuah dokumen yang lengkap. Wakil klasik di sini ialah Ventura Publisher dan PageMaker untuk bagian atas dan Personal Publisher pada bagian bawah. Alternative lain ialah, bahwa program pembuat naskah, misalnya TEX akan segera terbentuk dimana sementara ini sudah didapatkan penerusnya. Di sini kita dapat melihat pada monitor bagaimana dokumen nanti akan diteruskan kapada laser printer atau sistem kata. Hanya saja kita tidak dapat mempengaruhi dengan menu yang mudah pada penyusunanya tetapi harus dengan perintah yang sepadan dengan kata yang sudah deprogram.

            Di samping itu ada kelompok produksi, sepeui misalnya Personal publisher yaitu program langkah maju pada Harvard Professional Publisher produksi kelas menengah bersamaan dengan produksi kelas atas untuk penggunaan PC secara klasik yang hanya ada dalam satu versi untuk keperluan PC sehingga mengharuskan perhitungan yang lebih cermat.

Bersamaan dengan harusnya kita mengambil keputusan yang tepat tentang batas periferi dan macam Desktop Publishing Yang digunakan, pada waktu sekarang ini tersedia banyak alat, misalnya Hewlet Packard Laserjet Printer dalam berbagai tingkatan dan kompatibelnya yang dapat kita pergunakan.

Pada bagian lain terdapat konsep yang tertutup sampai pada penge dalian sistem penerangan/lampu, konsep penggunaan printer yang menguasai bahasa PostScript pada penulisan halaman. Dengan laser printer dapat dihasilkan konsep yang berkualitas tinggi dan untuk keperluan mencetak dalam jumlah kecil. Data PostScript akan diterusk kepada fotosatz dan sistem penerangan lampu seperti misalnya linotype, Hasil bahasa penulisan halaman, image dari interpress sepeui bia akan selalu didukung oleh Ventura Publisher. Hasil ini akan diperoleh dari sistem yang lebih kecil misalnya saja laser printer Rank Xerox ya akan memakai sistem laser printer untuk keperluan produksi.

Secara keseluruhan pengamatan kita akan menjadi jelas, bahwa sampai sekarang belum ada kesepakatan dalam standar, yang dapat mendukung penggunaan semua ini. Keputusan kita untuk mempergunakan IBM dan juga PostScript dikarenakan PostScript penggunaannya mirip dengan IBM PC dan MS-DOS sebagai De-facto standar industri untuk Desktop Publishing dan Computer Aided Publishing. Dengan demiki sekarang tersedia, konsep tertutup sebagai kompatibilitas dari PC sampai kepada sistem penerangan. Untuk penggunaan teks, tersedia DCA sebagai standar pada komunikasi teks antara berbagai macam komputer yang akan menghasilkan informasi untuk format.

 

A.2 Elemen Desktop Publishing

Bagian terbanyak dari sebuah dokumen adalah terdiri dari teks. Teks harus bisa dimengerti maksudnya, dapat dikoreksi untuk kemudi dapat disusun. Penulisan isi teks itu dapat dipercepat prosesnya apab cukup tersedia informasi untuk keperluan tersebut. Sebagai contoh ialah informasi bank data yang dapat membuat daftar tabel yang teratur Kalau sebuah teks harus dikoreksi, maka harus juga setiap tambahan dan atribut teksnya ikut disusun lagi.

Hal itu sebenarnya praktis, apabila pada program teks seperti yang kita kenal sudah dapat ditentukan bagian yang dapat dihubungkan dengan Desktop Publishing untuk keperluan produksinya, dan macam huruf tulis yang mana yang akan dipakai dalam teks serta atribut-atribut yang mana yang harus digaris bawahi, tebal atau miring/italic. Unt naskah karya ilmu pengetahuan, akan timbul rumus, yang berasal dari program teks, yang digunakan untuk sejumlah tanda khusus yang tanda dalam matematika dan tanda dalam bahasa Yunani. Tanda-tanda itu akan tampak pada layar monitor, seperti apa yang akan dicetak. Pegaturan yang dilakukan oleh rumus itu akan tampak jelas perbedaan antara Program Desktop Publishing dan program naskah. Satu hal yang penting, yang harus diperhatikan terutama dalam pengambilalihan dari program international untuk versi bahasa Jerman ialah pemisahan suku kata.

Keterangan tambahan: Dalam bahasa Jerman, banyak sekali dua atau tiga kata yang digabung menjadi satu, misalnya:

Ganz = seluruh

Seite = halaman

Bild = gambar

schirm = layar

Jika teks untuk Desktop Publishing yang biasanya selalu ditulis dengan blok dan dengan banyak spasi pada setiap halaman, maka dibutuhkan algoritma pemisah, yang dapat mengendalikan daerah pemisah. Pemisahan/pembetulan huruf tulis ck ke dalam kk atau misalnya pada konsonan yang ganda pada waktu sekarang ini tidak dapat ditemukan di dalam PC.

Cara penolong lainnya adalah pembuatan suatu contoh. Contoh ini digunakan supaya dalam membuat suatu tabel atau karangan kita langsung dapat menggunakan bentuk yang sama dan tidak perlu membuat bentuk yang baru.

Desktop Publishing bertujuan agar teks dan gambar bisa dicetak bersama dalam satu halaman. Pengambilalihan grafik bisnis ilustrasi dan grafi konstruksi dengan CAD, Paint dan program Draw yang dihasilkan oleh PC, pada dasarnya tidak mempunyai kesulitan. Hal tersebut di atas bisa kita harapkan sebabkan karena Desktop Publishing dan ProgramSatz komputer diketahui mempunyai bagian (yang dapat dihubungkan dengan alat lain) yang sepadan, untuk dapat mengambil alih informasi grafik pada format standar.

Alat bantu lainnya yang digunakan untuk membuat naskah adalah  dokumen teknik, contoh ini berguna untuk membuat tipe dokumen dan table-tabel, supaya kita tidak harus membuat ukuran baru lagi.

Dengan GEM, maka format Metafile akan tampak sebagai gambar baik itu vektor atau bit image. Pada Microsoft Windows maka format dari Microsoft Paint, juga PC     Paintbrush memungkinkan terjadinya pertukaran informasi grafik pada berbagai program. Suatu bagian untuk program CAD adalah juga format data Exchage, yang akan mengubah Auto CAD menjadi standar  standar De-fato.

Hal yang paling istimewa pada Desktop Publishing ialah bersama dengan PC dapat mengambil  ahli  Halbtonvorlage, termasuk foto berwarna dan hitam putih. Sebenarnya tersedia juga scanner yang harganya murah tetapi hasilnya masih jauh dari memuaskan.

Pekerjaan ini hanya bekerja dengan ketentuan yaitu harus berdasarkan informasi, yang tersedia dalam bentuk kertas yang sudah tercetak. Di sini Computer Aided Publishing atau juga Desktop Publishing pada PC mempunyai dua kelebihan. Pertama, dapat menekan harga dan kedua Informasi dapat disediakan dengan cepat. Penghematan itu bisa mencapai 30 (tiga puluh) sampai dengan 50 (lima puluh) %. Keuntungan pengunaan komponen pada penghematan ini ialah penggunaan teks dan integrasi gambar, yang tidak harus disusun lagi. Yang terpenting ini ialah ialah keuntungan waktu. Kalau kita bisa bekerja dengan teks yang sudah tersedia, maka kita hanya memerlukan waktu yang sedikit saja untuk bisa membuat suatu dokumen. Jika kita bekerja dengan metode percetakan yang kuno, maka akan terbuang waktu banyak sekali.  Alasanya adalah karena di antara penerimaan bahan dau mengartikanya, antara reproduksi gambar dan layout, dan hal-hal lain pada percetakan akan banyak waktu yang terbuang apalagi jika kita tidak menguasai organisasi percetakan, seperti misalnya pada produksi surat kabar.

 

            A.3 Dilihat Deri Segi Ekonomi

 seperti biasanya kita akan selalu mengharapkan hasil dari pusat perhitungan statistik, dan akan segera memasukkan data-data itu untuk segera mendapatkan hasilnya. Hal tersebut di atas bisa kita harapkan dengan memakai Desktop Publishing, yaitu dengan memakai PC dan peri-peri yang sepadan, kita akan dapat mencetak dokumen walau hanya dalam jumlah kecil. Dari hasil penyelidikan pada pembuatan dokumen teknik, pada prinsipnya sebenarnya tidak .berbeda dengan hasil kerja Desktop Publishing. Tetapi cara tersebut dapat meghemat biaya 30 (tiga puluh) % dan juga menghemat waktu 20 (duapuluh) % jika dibandingkan dengan hasil produksi dengan photoset. Selain itu masih banyak lagi penghematan yang berarti, misalnya pada produksi. Tergantung pada jenis dokumennya, maka penghematan biaya dan waktu masih dapat ditekan lagi. Biaya penerbitannya bisa ditekan sampai dengan 50 (lima puluh) % dan waktu bisa ditekan sampair 40 (empatpuluh) %. Tetapi walaupun demikian semuanya itu tergantung. Daripada kita sendiri.

Alat tersedia untuk Desktop Publishing ini perkembangannya belum mencapai taraf yang sempurna. Problem utama ialah kemampuan untuk mengambil alih data gambar, rancangan, bahan data berwarna dan pembuatan dokumen.

Scanner yang harganya murah berkisar antara 2000 sampai dengan 4000 DM, yang biasanya mempunyai problem jika kita hubungkan ngan PC dapat bekerja dengan bahan hitam putih dan juga akan mendapatkan hasil dengan kualitas yang memuaskan. Karena sebenarnya Kita juga melihat hasil gambar hitam putih dari mesin scanner.barang siapa yang numgikuti proses pembuatan foto sampai dengan dicetak dengan scanner akan mempunyai kemungkinan mengatur tingkatan, hingga mendapatkan hasil yang memuaskan. Jika dibutuhkan gambar pada buku teknik atau pada dokumen, maka hal ini bisa diatasi oleh PC.Gambar di bawah ini cukup untuk memenuhi kebutuhan untuk bersaing dengan media percetakan.

 

 

 

 

 

 

 

Teks

Grafik

Gambar

 

Cetak

 

Repro

 

 

Montase Halaman

 

Pengaturan Format Cetak

 

Cetak

 

Gambar : Praktis hampir semua pekerjaan mencetak dapat diatasi oleh PC

      

 

 

 

 

 

 

 

    

B. Dasar-dasar Desktop Publishing

 

Program Desktop Publishing adalah program integrasi antara teks dan gambar. Tetapi hal ini saja sebenarnya tidaklah cukup. Dan karena tujuanya menciptakan rancangan cetak, maka teksnya harus disiapkan sedemikian rupa, sehingga penampilannya yang mempergunakan berbagai macam bentuk/model huruf yang ada pada lase rprinter akan tampak seperti yang kita kehendaki.

Syarat untuk sukses jika kita bekerja dengan Desktop Publishing ialah dengan memakai PC yang mempunyai kemampuan membuat grafik, misalnya Apple dengan Macintosh, atau Atari dengan seri ST, atau Commodore dengan Amiga.

Pilihan terbesar software pada waktu sekarang ini terdapat pada PC-IBM dan kompatibelnya. Dan supaya bisa bekeija secara efektif diperlukan perangkat lengkap IBM PC-AT, atau kompatibelnya yang mempunyai kapasitas simpan lebih dari 640 KByte, sebuah penyimpan data besar (mainframe), sebuah Hercules Monochrom grafik kompatibel atau dengan EGA Card dan juga dengan monitor yang sepadan. Ditambah lagi sebuah mouse sebagai penuntun secara optik. Dan untuk mengetahui hasil akhir dibutuhkan laser printer. Program-program penyokong untuk PC biasanya adalah Laserjet dari Hewlett-Packard atau Laseiwriter dari Apple.

Di Pasar tersedia program Desktop Publishing yang klasik yaitu Page Maker atau Ventura Publisher. Program-program ini akan membangun di atas kedua permukaannya Microsoft Windows dan GEM dari Digital Research, Selain itu juga ada Harvard Professional Publisher yaitu untuk PC dengan versi Superpage yang sudah disederhanakan yang sekalian membawa serta permukaan pelayaran.

Cara lain ialah dengan memakai program pembuat naskah. Di semuanya itu yang mempunyai kemampuan paling maksimal ada TEX. Salah satu versi baru dari program ini juga mempunyai kemampuan untuk mengatur teks ialah gambar. Semua program itu secara bersama-sama-sama dengan program klasik yang lain menciptakan teks dan gambar dan kemudia  mengolahnya ke dalam lembar-lembar cetakan. Untuk itu diperlukan sekali dilakukan pertukaran yang rutin, jika teks-teks itu harus di cetak dengan tanda bacaan khusus bahasa Jerman.

Penerrimaan teks tidak tergantung apakah itu teks atau daftar tabel selalu berhasil di dalam format ASCII atau format DCA. Agar supaya teks dapat secara otomatis menempati formasinya, maka sangatlah penting memberikan alinea sebagai urutan tanda. Program teks yang seharusnya dikirim ke media cetak tetapi tetap disimpan dalam bentuk disket dan dalam bentuk format yang dipertahankan, maka itu tidak pantas untuk dipakai lagi, karena jika diperlukan perubahan pada bentuk formatnya harus dilakukan pengolahan teks yang sangat teliti.

Gambar-gambar yang akan diterima dari program-program yang mempunyai format GEM dari PC Paintbrush atau dalam format TIF dari scanner yang harus diperhatikan oleh media cetak ialah bahwa proporsi cetakan terlebih dahulu harus kita ketahui, yaitu dengan kemampuan kerja cetak 300 sampai 3000 titik untuk setiap incinya dan dengan laser printer  yang mempunyai kemampuan simpan lebih dari 1 (satu) , apabila kita ingin mengolah Download-Fonts atau gambar. Cara yang dipakai ialah mempergunakan NEC. Untuk matrix printer mempunyai 24 (dua puluh empat) jarum, pada waktu ini dipakai printer System, yang mempunyai kualitas cetak yang memenuhi syarat. Kecepatan cetak dari laser printer pada Desktop publishing biasanya sukar untuk diatasi, karena proses penerimaan data dalam jumlah besar untuk setiap halaman akan memakan waktu bermenit-menit.

 

B.1 program untuk Desktop Publishing

siapa saja yang wakti ini pada waktu ini ingin bekerja dengan Desktop Publishing, harus mengetahui terlebih dahulu fungsi apa saja yang diperlukan suatu dokumen/data. Di banyak hal tersedia cukup banyak teks dalam berbagai format. Untuk program pengolahan data diperlukan fungsi yang seperti tersebut di atas.  .

langkah berikutnya adalah penentuan letak gambar dan naskah yang diletakan bersama-sama. Metode yang paling mudah digunakan dan tersedia dalam program Desktop Publishing adalah dengan cara mengumpulkan beberapa gambar dari berbagai program di layar. Setelah itu dikopi dan dibangun pada dokumen yang dibuat. Kemungkinan yang dimiliki oleh program Desktop Publishing adalah program ini dapat mengambil alih tarnsformasi gambar ke ukuran yang sesuai secara otomatis.

Pada saat ini terdapat program yang mempunyai kempuan sesuai dengan apa yang diinginkan program Desktop Publishing. Kemamampuan ini adalah suatu pelayanan pembuat grafik yang diletakkan pada suatu program. Contoh untuk program tersebut adalah GEM dari Digital researche atau Windows dari Microsoft. Program-program yang bekerja dengan program tersebut dapat mengubah gambar-gambar dan menyatukan teks-teks, pada berbagai macam format.

Jawaban lain yang ditawarkan adalah program dari keluarga Lotus. Program ini  dikembangkan dan diberi nama Symphony. Symphony dapat mengenai teks-teks, data-data dan tabel-tabel. Program-program seperti freelance yang dapat menangani grafik dan program Menuscript dan program Freelance adalah program yang dapat berdiri sendiri yang dapat membuat dokumen secara lengkap.

Kemampuan lain yang dimiliki Desktop Publishing adalah penawaran sistim terututup terhubung. Alternatif lain yang harganya dapat bersaing adalah GEOS untuk C64, yang menyediakan pembuatan grafik dan program teks dan dapat menyatakan beberapa dokumen. Sebagai alat  output, dapat menggunakan matrix printer dari keluarga Hewlett Packard Laserjt dan Apple Laserwriter. Desktop Publishing dapat dihubungkan dengan program lainnya seperti PageMaker. Melalui kemampuan dasarnya, seperti memformat data, penukaran data dapat dilakukan dengan mudah.

Kemapuan yang mirip dengan hal tersebut di atas, dapat dijumpai pada sistim komputer besar yang mempunyai hardware dan program yang khusus juga.

 

 

Teks

 

Grafik Bisnis

Gambar

Piksel

 

   Diangram

Foto

Setengah

Kontras

Gambar

CAD

 

Desktop Publishing

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

            Gambar : Program Desktop Publishing mempunyai bagian (=fungsi) untuk dapat menerima gambar dalam berbagai macam format.

 

 

B.2 Keperluan untuk Desktop Publishing Software

Fungsi program Desktop Publishing sebenarnya ialah integrasi bagian potongan antara data, yang berasal dari program lain. Teksnya berasal dari program pengolah teks, grafiknya berasal dari program grafik, gambaranya berasal dari program gambar atau dari mesin scanner. Tujuan Desktop Publishing ialah mempersembahkan gambar teks dan gambar pada layar monitor, dalam bentuk halaman Layout, seperti apa yang akan tampak nanti dalam bentuk cetakkannya; yang semua ini dikerjakan dengan grafik pelayanan permukaan seperti misalnya Windows atau GEM. Untuk dapat melayani sistem program secara efisien, maka di butuhkan program-program tunggal yang dapat bekerja dengan cara pelayanan permukaan.

sayangnya, software untuk IBM PC yang tersedia pada waktu ini, masih agak jauh dari apa yang kita kehendaki. PageMaker yang bekerja , dengan cara Windows, software scanner dari HewlettPackard juga bekerja dengan Windows, tetapi program yang sanggup untuk mencipta takan teks atau grafik dengan pelayanan permukaan, sampai sekarang belum ada. Word dan Chart sebenarnya dapat dipanggil denga memakai Windows, walaupun mereka sendiri mempunyai pelayana permukaan sendiri. Dimensi baru yang sekarang mulai diperkenalka ialah program Microsoft Draw.

Pada bagian lainnya terdapat Ventura, yang dilihat dari penampila optisnya dapat diketahui adanya penggunaan GEM. Hanya saja pengarang dari Ventura telah memodifikasi GEM, sehingga versi yan dibuat khusus untuk Ventura Publisher, tidak dapat lagi mengenali Desktop, yang mengakibatkan program lain tidak bisa seperti biasanya lagi, yaitu dapat dipanggil dari pelayanan permukaan GEM. GEM dan Ventura secara logis tidak bisa berjalan bersama, karena walaupun mempuuyai nama sistem yang sama, tetapi cara kerjanya mempergunakan data yang lain. Jika kitabisabekerja dengan mengesampingka Desktop dan hanya ingin mempergunakan program tunggal, maka dengann cara-cara puda penggunaan program seperti pada GEM Write, GEM Paint, GEM Draw, GEM Wordchart dan GEM Graph, kita dapat mengiustalisusikannya pada permukaan Ventura. Hanya saja kita harus memanggilnya dari sistem kerja bidangnya.

Yang kelihatan sangat menarik ialah Desktop Publishing untuk keperluan dokumen eknik. Dari program seperti Auto CAD kita dapat menpersiapkan data gambar, sehingga untuk selanjutnya dapat dipergunakan oleh program Desktop Publishing. Jika penyusunan atau pengaturan untuk sebuah buku itu sudah ditetapkan, dimana gambarnya didapatkan dari program CAD, dan produksi fotonya dapat diintegrasikan, dengan mesin scanner maka yang dibutuhkan sekarang hanyanlah teks yang pasti. Tetapi penggunaannya harus jelas dulu, bahwa untuk proses pengolahan gambar ini banyak sekali diperlukan tempa pada memori

Sebuah foto berukuran DIN A4 dalam warna hitam dan putih dengan tampungan titik sebanyak 300 x 300 untuk setiap incinya akan menenpati tepat sampai mendekati 1 (satu) MByte pada mencari. Contoh yang jelas ialah pada gambar Auto CAD dari pesawat ulak alik (spaceshuttle) yang banyak dipakai dalam contoh demo. Sebagai data gambar GEM dalam bentuk vektor membutuhkan 13 KByte, sedangkan sebagai gambar dari hasil scanner memakan tempat sampai 360 KByte pada memori. Sebab itu harus dipakai program, yang menghasilkan data yang kompak dimana informasi dari Desktop Publishing dapat langsung dpakai tanpa konversi. Konversi itu akan menyita tempat pada penyimprrna data, dan dalam keadaan normal juga membutuhkan data keluar. selain hal tersebut di atas membutuhkan waktu.

 

C. Daftar Periksa untuk Desktop Publishing

 

·         Sistem komputer

untnk keperluan ini diperlukan sebuah IBM PC-AT atau sebuah komputer kompatibel dengan 20 (dua puluh) atau lebih baik lagi dengan 40 (empat puluh) MegaByte hard disk. Proses gambar monitor yang berdasarkan Motto “what you see is what you get” berlangsung dengan titik gambar tunggal. Hal itu sangat memakan waktu. Grafik pemakai permukaan dari GEM atau Windows, sangat cocok dalam pemakaian produksi, jika kita memakai komputer yang setaraf dengan PC-AT. Barangsiapa yang ingin mengintegrasikan banyak gambar ke dalam teks, maka harus mencoba bekerja dengan komputer jenis 80386 yang bisa berkerja dengan cepat.

 

·         Sistem software

Siapa yang suadah memutuskan untuk bekerja dengan Ventura Publisher atau PageMaker, jangan hanya menginstalisasi versi pelayanan permungkaan yang sudah dikurangi, tetapi harus juga mempunyai grafik system permukaan secara keseluruhan.

 

·         Layar Monitor

Biasanya hasil yang kita dapatkan dari lase rprinter, dan dikerjakan oleh Hercules, dalam penampilannya cukup dipakai monitor hitam putih saja. Untuk memakai secara profesional dibutuhkan monitor satu halaman penuh dilengkapi dengan banyak alat kontrol untuk mengawasi setiap elemen gambar dan halaman layout.

Barangsiapa yang banyak bekerja dengan Desktop Publishing, pasti mengiginkan monitor, yang dapat menampakkan gambar halaman kiri dan halaman kanan secara bersamaan sekaligus. Pemberian seperti biasanya harus memakai keyboard dan untuk menentukan posisi gambar pada layar monitor, serta untuk menyusun elemen  dipakai untuk penujuk optis, yaitu mouse. Untuk menjatuhkan pilihan mouse yang tepat atau sejumlah grafik, harus diperhatikan, bahwa semua itu harus didukung oleh program yang sesuai.

Pemberian datayang dimaksud itu ialah teks dan program grafik, yang kemudian data itu oleh program Desktop Publishing akan diolah lanjuy untuk menentukan program Desktop .Publishing yang akan kita pakai, banyak hal yang harus kita perhatikan. Misalnya apakah program teks yang sudah dikuasai pemakaiannya itu dapat langsung diambil alih tanpa konversi. Hal ini perlu juga diperhatikan oleh para pengguna, yang ingin mencetak buku dan memerlukan gambar, dari program CAD.

 

·         Hasll produksi

Untuk hasil produksi, sangat dibutuhkan sebuah laser printer. Dari segi kualitas, jika digunakan dokumen Desktop Publishing itu, maka peragaan dengan 300 x 300 titik gambar setiap inci merupakan syarat mutlak. Secara keseluruhan dan selama software mendukung, ada (tiga) alat yang harus diikutsertakan, pertama adalah sebuah Apple LaserWriter, yang bekerja dengan PostScript dan sistem compatible Kedua ialah Hewlett Packard Laserjet dalam versi baru yang bekerj dengan Document Descriptive Language dan ketiga ialah Xerox Las yang melayani bahasa grafik interpress. Bagian potongan Xerox itu akan sangat menarik, karena bagian itu akan mengendalikan laser printer Rank Xerox yang berkemampuan tinggi dalam mencetak.

 

            D. GEM DESKTOP PUBLISHER

 

            Dilihat dari system disainya , GEM Desktop Publisher merupakan saingan dari ventura Publisher. Program ini menawarkan fungsi-fungsi yang lebih sedikit, sperti tidak ada fungsi pusataka untuk memisahkan kata secara otomatis. Selain itu terlalu banyak program lain yang Dapat dihubungkan dengan program ini. Program ini mirip dengan Desktop Publishing sederhana yang menyediakan fungsi-fungsi dasar untuk dapat bekerja lebih efektif. Program ini dilihat dari segi kemampuan merupakan program kelas menengah. Program ini mempunyai kemampuan pencetakan PostScript. Kualitas pencetakannya dapat dibandingkan dengan HP-Laserjet dan printer kompatibel yang dapat mencetak 150 X 150 titik setiap inci.

karena program ini termasuk dalam keluarga GEM, maka program ini dapat mengambil alih graft dari GEM Draw, GEM Draw Plus, GEM Graph, GEM Wordchart dan GEM Paint. Pada prinsipnya setiap teks yang tertulis dari format ASCII standar dapat diintegrasi pada GEM Desktop Publisher. Dapat dihubungkan dengan program GEM Write, Wordstar Multimate, Word Perfect dan IBM Text 3 secara langsung. Cara pemakaian menu dan keyboard dapat diatur oleh pemakai. Misalnya membuat teks pada program Desktop Publishing fungsi-fungsinya dapat dibuat serupa dengan WordStar. Program ini dapat memperkecil halaman pencetakkan dan sekalipun menampilkannya pada layar. Jika Anda memiliki monitor satu halaman penuh, maka cara pemakaiannya sama seperti pada pemakaian program lainnya.

Untuk penyusunan teks, terdapat jenis huruf Helvetcan, Roman dan huruf tebal seperti italic. Seluruhnya terdapat 8 ukuran huruf dari 7 ampai 72 titik. Untuk printer terdapat 8 warna yang berbeda penyusunan setiap karakter, kalimat, karangan, nomor halaman, dan seluruh halaman layout dapat divariasi menurut selera kita. Halaman dapat diberi nomor dengan angka arab, romawi atau dengan huruf. Format untuk karangan dan halaman pencetakan dapat didefinisikan baru. Jika  Anda menggunakan banyak layout, maka Anda dapat memodifikasika layout asal.

 

D.1 Ventura Publisher

Program Ventura Publisher dari Rank Xerox adalah gabungan antara cara kerja yang mudah  dengan besarnya kemungkinan untuk mengaturnya ini mempergunakan kemungkinan pelayanan- pelayanan seperti GEM.dengan demikian GEM mempunyai kaitan dengan program garfik, yang digunakan oleh format GEM-Metafile. Teks-teks dapat di ambil ahli dari program teks yang mempunyai banyak tahapan, dan ini membuka jalan bagian grafik dari PC Paintbrush yang bekerja dengan metode MS Windows.

Berlainan sekali dengan cara kerja program yang lain, sepeti misalnya PageMker, Program Ventura Publisher dapat mengubah teks jika Anda mengunakan. Pada Word misalnya terdapat hubungan langsung dengan jembatan software. Teks yang dihasilkan oleh Word akan dikembalikan oleh Ventura Publisher, jika hal itu diangap melebihi kapasitasnya.

Juga untuk WordStar, program Ventura Publisher mempunyai bantuan perubahan data untuk bisa bekerja dengan data-data yang ada. Misalnya pada versi bahasa Jerman yang dihasilkan oleh WordStar. Hanya saja di sini tidak ada hubungan langsung dengan jembatan data, karena nanti pada proses penerjemahan akan teijadi data- data tambahan.

Jika kita biasa bekerja dengan Ventura Publisher, maka kita akan segera mengetahui, bahwa semua elemen teks, baik itu teks daras maupun gambar, baru akan berintegrasi ke dalam program pada saat terjadi perubahan total. Itu berarti, bahwa jika pada layout dan setiap elemen gambar terjadi ketidakpuasan, maka dengan bantuan program keluaran setiap gambar dapat dipanggil melalui Ventura Publisher dan diterima ke dalam bentuk yang aktual.

Yang sangat penting pada Ventura Publisher ialah, bahwa Kerning dan Leading pada penampilan tulis dapat dilakukan dalam ukur lebih kecil dari millimeter. Hal tersebut dapat dihasilkan penampilan yang benar-benar baik.

Proses pembanggunan dari sebagai macam monitor tidaklah menjadi problem untuk Ventura Publisher. Untuk penjabarannya dibutuhkan adaptor IMB-Grafik Standard, Enhance Grafik Card, Hercules Card, Olivetti M24 dan monitor satu halaman penuh. Untuk monitor satu halaman penuh dapat digunakan antara lain MDS Genius, Xerox-FullPage-display dan Wyse-WY-700-Dispalay.

Ventura Publisher dapat menampilkan tulisan dan gambar pada monitor mirip seperti yang nanti akan dicetak. Jika Anda bekerja dengan laser printer, Anda akan mendapatkan hasil terbaik dari Hercules pada monitor monochrom meskipun Anda tidak memiliki monitor untuk satu halaman penuh. Sebenarnya gambar pada layar monitor dapat dikurangi, sehingga sebagian dari layar monitor itu dapat diatur dan dibentuk seperti yang kita kehendaki. Untuk menjaga ketepatannya disampinghasil kerja yang diberikan secara 100 (seratus) %, maka batas gambar pada layar monitor dapat kita besarkan sampai dua kali lipat.secara keseluruhan Veutura Publisher mengenal empat cara kerja. Kitadapat bekerja dengan figura, alinea-alinea teks atau dengan gambar. Tergantung pada modul kerja yang kita pilih, maka akan perintah lain pada menu puldown.

Jika kita perhatikan cara kerjanya, maka batas-batas itu akan segera digambarkan dengan daerah ruang itu dapat langsung ditetapkan, dengan teks dan gambar. Pada modul tambahan akan segera ditentukan format tambahan itu. Dengan memakai modul teks, maka setiap tanda baca tampak pada layar monitor langsung dapat diterima. Dan setiap atribut pada model huruf dapat segera diatur, juga setiap hurufnya  dapat dikoreksi. Koreksi ini akan tampak jelas pada teks yang dihasilakn oleh Word sampai pada jalan keluar data yang ada habis. untuk melukis sebuah gambar, Ventura Publisher harus disesuaikan dengan cara kerja buat garafik. Setelah itu barulah gambar dari berbagai program dapat dibaca atau diterjemahkan. Program Ventura Publisher ini mempunyai alat yang dapat menyusun gambar pada halaman layar monitor.

Yang paling penting pada program Desktop Publishing ialah penulisan teks yang pasti p. Ventura Publisher mengambil alih teks secara langsung. bagian pada permukaan data tanpa penerjemahan berada di antara Word dan Windows, Multimate, Word Perfect dan Xerox Writer. Untuk Wordstar dalam versi bahasa Jerman akan ikut disertakan program penerjemahan yang khusus. Di samping program teks yang sudah standar akan diciptakan teks di dalam bentuk format ASCII. Sebagai contoh hasil dari program kalkulasi dan bank data, diambil alih dari format DCA dan dBase III. Bagian dari dBase III ini sangatlah penting karena dengan cara Ini pembuatan daftar dapat diciptakan dengan bantuan Ventura Publihser.

             Teks yang ada di dalam Ventura Publisher sudah dapat disusun dalam suatu bentuk  formasi. Teks tersebut diambil alih dari program teks jika memang tersedia atribut teksnya. Jika hal ini dikaitkan dengan komando kemudian, yang data pada program teksnya akan dikerjakan. Maka semua ini hanya berfungsi dalam ukuran yang terbatas. Tambahan format untuk perintah sudah dapat disiapkan terlebih dahulu, sehingga proses perubahan total pada halaman Ventura Publisher dapat lebih dipercepat. Setiap tambahan pada setiap huruf akan segera dibentuk dalam bentuk format, yang nantinya akan dipergunakan sendiri. sebenarnya di dalam rangkaian ini terdapat juga perintah-perintah Macro, yang sangat memudahkan dalam pembentukan formasi teks. Penulisan bab, penyusunan pertama pada tambahan kalimat, Penyusunan/pembentukan pada catatan kaki, seperti misalnya awal dan kalimat-kalimat di antaranya untuk suatu penerbitan dokumen sudah dapat ditentukan terlebih dahulu. Untuk itu kita pergunakan fungsi pemberian batas dan petunjuk yang terdapat pada dialog monitor.

            Elemen yang penting pada Desktop Publishing lainnya ialah pengambilalihan gambar grafik. Ventura Publisher akan mengambil gambar dalam format GEM-Metafile atau dalam format PC-Paintbrush. Gambaran yang berasal dari program grafik dan juga yang dari scanner akan diterima sebagai Bit Images bersamaan dengan Auto CAD, GEM Draw, GEM Graph, Lotus 123 dan mentor sebuah bagian dari grafik yang ada pada baris vektor. Pada dasarnya gambar yang berasal dari program garafik dapat diambil alih, jika gambar tersebut mempunyai bagian yang memungkinkan terciptanya GEM Metafile, Lotus PIC, AutoCAD-DFX atau data PC-paintbrush.

 

E. Program Desktop Publishing

 

·         Personal Publisher

Dari semua yang paling murah dari program Desktop Publishing adalah Personal Publisher dari Klick Art. Jika Anda menginstalasikan PC dan memulainya, pada monitor Anda akan menemukan daerah penggunaan, yang sukar untuk dibedakan dengan monitor dari apple Macintosh Programnya akan dikirimkan sebagai versi dasar basis, yang bekerja sama dengan matrix printer. Sebagai tambahan akan dikirimkan juga sistem untuk laser printer, beberapa jenis tulisan dan pustaka. Programnya membutuhkan paling sedikit 512 KByte RAM dan dua drive. Hu bungan ketra dengan program lain sangat mudah karena hampir semu fungsi akan diterangkan dengan menu Pulldown, yang akan diperlihatkan pada layar monitor bagian atas.

·         Harvard Professional Publisher

Harvard Professional Publisher (HPP) adalah produk kelas menengah dari software Publishing.” Yonior Product”-nya ialah Personal Publisher dan “senior Product”-nya ialah Superpage II. Superpage II  adan HPP dikembangkan oleh Bestito dan mempunyai bagian potongan data. Perbedaanya dengan Ventura Publisher dan PageMaker ialah sistim pelayananya mempergunakan pelayanan permukaan, yang dikendalikan oleh menu HPP

·         Super Page 2

Super Pge adalah program dalam membuat naskah/teks. Program ini dapat digunkan untuk membuat majalah. Program ini lebih lengkap dibandingkan dengan Harvard Professional Publisher. Pada Super Page dapat menulis banyak jenis huruf pada setiap dokumen. Perbedaan yang menjolok di antara 2 program tersebut adalah pada pengendalian output/keluaran.

·         Scientex-Publisher

Scientex-Publisher merupakan pengembangan dari program Scientex. Program ini dikendalikan dengan tombol-tombol fungsi. Arti dari tombol fungsi dapat dibaca pada bagian layar. Program ini dapat langsung dikumpulkan dengan scanner. Gambar-gambar dapat diambil alih ke halaman. Perbedaan lainnaya ialah pada Macronya. Pada say mencetak, selutuh jenis tulisan akan dikendalikan secara langsung Laser Printer bekerja dengan kecepatan maksimal, selama tidak terintegrasi gambar pada teksnya.

·         First Impression

First Impression, yang dikembangkan olehMegaus Coporation, dititikberatkan pada pembuatan teks dan penampilan halaman pada dokumen laser. Program ini menyediakan modul teks. Modul teks ini dapat menawarkan Open Acsess II dan dapat menagani dokumen denagn jumlah yang cukup besar. Jimlah halaman dapat mencapai 32.000. Dengan demikian salah satu masalah pada program Desktop Publishing sudah terselesaikan.

 

F.    Praktek Desktop Publishing

 

Desktop Publishing menawarkan dann menjanjikan pembuatan naskah secara optimal. Jika Anda berpendapat bahwa setelah Anda membeli komputer dan laser printer maka segalanya akan beres dengan menggunakan software yang canggih, pendapat Anda tentu salah dan Anda akan kecewa tentang hal itu

Bahkan merupakan masalah lagi bagi program Desktop Publishing untuk menangani naskah dari program teks dan membuat pola tanpa kesalahan berdasarkan kriteria yang ditetapkan.

Jika Anda ingin mengerjakan naskah dengan suatu blok naskah atau tabel dengan huruf yang propotional, maka Anda akan mendapatkun hasil yang memuaskan

 

F.1 Memilih Program

Sebelum memulai Anda harus memiliki peralatan yang sesuai. Pada pasaran Jerman tersedia produk-produk Amerika, yang juga menawarkan karakter-karakter khusus untuk bahasa Jerman. Selain itu ditawarkan juga penghubung untuk mengintegrasikan gambar. Pada pemilihan itu, pengarang harus mempunyai penilaian tentang masig-masing software. Setelah diadakan penelitian, untuk saat ini hanya program Ventura Publisher saja yang dapat bekerja dengan sistem IBM PC kompatibel dengan baik.

 

F.2 Hardware

Saat memproduksi buku ini, pembuatan kombinasi gambar dan teks hanya dapat dilakukan dengan sistem komputer jenis AT. Komputer 80386 dapat digunakan lebih efektif. Monitor yang digunakan adalah monitor satu halaman penuh, karena dapat langsung menilai hasil yang akan dicetak dalam bentuk 1 halaman pada layar tersebut. Untuk dapat bekerja lebih efektif dapat digunakan monitor biasa. Karena pada pembuatan buku atau publikasi lainnya harus diintegrasi gambar dan teks, maka dibutuhkan memori sekitar 10 MByte. Sebagai petunjuk optic dapat digunakan sistem mouse. Untuk Desktop publishing ditawarkan Tandon PAC 286, untuk mengamankan buku melalui pertukaran Datapack.

 

F.3 Printer

Untuk printer ditawarkan 2 jenis laser printer. Pertama, laser printer yang kompatibel dengan Hewlett-Packard-Laserjet-Plus dengan memori printer 2 MByte dan harus dengan laser printer PostScript. Dalam prakteknya, masing-masing sistem mempunyai kelebihan maupun kekurangan. HP laserjet jelas dapat khususnya untuk huruf dan gambar besar. Printer PostScript menyediakan jenis huruf yang lebih banyak seperti times dan heluetica. QMS menawarkan MS PS 800 Plus  dengan laser printer, yaitu PostScript ataupun HP-Laserjet-Emulation. Hewlwtt-Packard, untuk laserjet series II terdapat Modulboard untuk mencetak jenis PostScript. Pengguna profi harus menggunakan sistem cahaya untuk mendapatkan pola pencetakan konversional.

 

F.4 Gambar dan Teks

‘Pada integrasi gambar dan teks tidak selalu dapat dilakukan secara mulus seperti yang diterangkan pembuatnya. Integrasi gambar tanpa keterangan gambar dapat dilakukan tanpa kesulitan. Huruf dapat disajikan pada proposisi yang benar. Hal ini dapat mempengaruhi mengambilalihan gambar pada format GEM-Metafile. Mirip seperti pada gambar and scanner, pembuatan gambar harus sudah dalam format yang benar. Program Desktop Publishing menawarkan fungsi-fungsi untuk meletakkan gambar pada figura dan untuk mentrasformasi gambar. Kualitas gambar yang baik tidak akan dapat diraih gambar pixel jika tidak melalui tarnsformasi. Untuk spasi, keluaran yang baik adalah gambar-gambar yang dihasilkan oleh GEM Draw Plus atau GEM Graph. Software cangih untuk mengintegrasikan scanner adalah Hewlett-Packard dengan scanning-Gallisy ke HP-scanjet. GEM scan dari Digital Research merupakan software scanner universal yang harus diuji. Untuk jenis scanner di sini tidak kompatibel seperti pada Hewlett Packard. Untuk menipulasi gambar terdapat Professional Paintbrush, yang rnemhutuhkan 640 Kbyet melalui Above-Board-Cancepst. Hlaman DIN-A4 yang ter-scanner memerlukan memori lebih dari 1 Mbyet sekaligus pada main memori.

 

F.5 Penampilan Praktis

Membuat teks pada suatu halaman tidak akan jadi masalah, jika layout, halaman sudah ditetapkan. Ventura Publisher, sebagai contoh, menangani teks pada halaman di atas secara otomatis. Jika huruf pada halaman akan diperbesar atau membuat tempat figura untuk gambar, maka teks. akan dilakukan perubahan total secara otomatis. Pada kesempatan akan ditunjukkan batas-batas sistem kompatibel AT. Teks-teks akan dinyatakan sebagai bit-images. Jika Anda ingin menampilkan pada seluruh halaman, maka dibutuhkan waktu pembuatan gambar. Lebih lama lagi, jika harus memperbesar gambar atau menggunakan pixel gambar.

Pada petunjuk kerja pengkoreksi typografi, jarak baris dihitung dahitung dalam pica dan titik. Sedangkan jarak alinea dihitung dalam inci untuk menangani berbagai macam elemen secara benar, diperlukan kalkulator Jika Anda bekerja dengan naskah yang benar, maka kalkulator GEM tidak dapat diinstalasi. Seluruh program Desktop Publishing membutuhkan RAM sebesar 640 KByte.

Proses dengan Ventura yang cukup menyulitkan, bahwa figure gambar dan elemen grafik lainnya tidak disimpan dengan nama terltentu sehingga tidak dapat dipanggil pada halaman yang berbeda-beda. Pengaturan huruf-huruf sangat sempurna dan alinea yang berbeda-beda atau elemen teks dapat dilihat pada pustaka format. Sangat menarik pada format program ini ialah penanganan tabulasi dan pengaturan catatan kaki. Fungsi otomatik untuk penomoran halaman, catatan kaki, catatan judul seperti pengaturan bab, terdapat dalam program ini. Tetapi Anda tidak dapat membuatnya sendiri. Pada catatan kaki, judul, nomor halaman dapat diatasi secara otomatis, tetapi teks harus ditulis dalam judul yang sama. Hal yang sama berlaku untuk algoritma pemisahan. Prinsip ini berdasarkan prinsip bahwa tidak terlalu sering memisahkan kata. Modifikasi di sini tidak dimungkinkan. Hal tersebut dapat merusak teks Jerman, khususnya yang ditulis dengan spasi kecil.

 

 

 

 

 

 

One thought on “DEKSTOP PUBLISHING

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s