TELETEXT

TELETEXT

II.2. Pengertian Teletetext

Teletext ialah data yang dikirimkan melalui transmisi televisi dengan format teks yang biasanya menayangkan seputar informasi yang berhubungan dengan olahraga,berita, bisnis, jadwal penerbangan dan lain-lain, dan bisa digunakan selama dua puluh empat jam yang dengan komunikasi yang bersifat satu arah.

1I.2. Sejarah Singkat Teletext

Awalnya sekitar tahun 60-an teletext dikembangkan pertama sekali oleh Amerika, Namun perkembangannya terhambat. Tapi teleteks lebih dikenal di-inggris, Diawal tahun 70-an Inggris pertama sekali mengkomersialisasikan teletext di televisi. BBC sebuah stasiun utama milik Inggris menawarkan informasi baik secara nasional maupun Internasional mencakup Informasi olahraga, berita, musik radio, hiburan dan lain-lain.

ceefax.png

Sebelum internet, sumber informasi elektronik didahului oleh era teletex magazines dan video text systemTeletex magazines adalah media publikasi elektronik yang dikirimkan oleh televisi melalui sinyal televisi. Terdiri atas gambar dan teks, biasanya menampilkan berita, olahraga, dan cerita lainnya. sistem ini mengalami hambatan hanya di Amerika, kesuksesannya dibatasi oleh faktor biaya dan beberapa isu negatif yang berkembang. Video text and PC-based operation. Layanan video text adalah operasi yang berorientasi pada gambar atau display. Seseorang dapat merekam ribuan lembar informasi melalui kemampuan dua arah dari sistem ini. Layanan ini juga membantu menyederhanakan sistem ”interface”. Seperti sistem sebelumnya, sistem ini juga mengalami keterbatasan dalam penyuksesannya di Amerika. Namun sistem ini mengalami kemajuan di negara lainnya. sebaliknya, AOL, dan rekan sesama sistem operasi ini berkembang dengan pesat. Hal tersebut disebabkan karena terget pemirsa dari sistem berbasis PC lebih jelas dan terarah. Sistem ini memiliki tujuan spesifik sehingga lebih dapat menarik pembeli. PC-based operation muncul dan hidup berdampingan dengan internet dengan berbagai alasan, seperti :

PC-based operation mendukung kepentingan informasi dan memudahkaninternet untuk menempatkan sejumlah informasi.Informasi khusus dapat dijangkau dengan internet dan bukan melalui sistem ini, maka kita akan butuh internet untuk mendapatkan data yang lebih.Kita bisa mendapatkan akses dengan mudah melalui internet

Teletext magazine. Merupakan penerbitan seperti majalah yang dikirim ke televisi melalui sinyal televisi. Berisi teks dan grafik yang berupa news feature, olahraga, dan cerita-cerita lainnya. Namun, pelayanan teletext tidak sukses dan populer di AS. Sehingga tidak mampu bersaing lama dengan sistem informasi elektronik lainnya.

Videotext and PC-based operation. Pelayanan videotext benar-benar hanya berupa grafik dan memungkinkan pengoperasian yang bersifat interaktif. Dengan videotext, kita dapat mebuka data-base dari ribuan halaman atau frame informasi melalui kemampuan komunikasi yang dua arah dan tergabung dengan jaringan telepon. Seperti industri teletext, industri videotext juga tidak sukses di AS. Sebaliknya, AOL, CompuServe, dan layanan berbasis PC lebih sukses. Kesuksesan ini disebabkan oleh beberapa alasan. Salah satu alasannya adalah sistem-sistem berbasis PC dari awal fokus pada target market-nya atau tujuan audience-nya. Misalnya dikhususkan bagi golongan pengacara atau kelompok-kelompok lainnya yang menginginkan informasi-informasi tertentu

Sistem berbasis PC ini berkembang sejalan dengan perkembangan internet, karena berbagai alasan di bawah ini:

Sistem berbasis PC mendukung kepemilikan informasi dan mempermudah mengarahkan internet untuk menempatkan informasi tertentu.

Informasi-informasi tertentu hanya didapat di internet, tidak ada di sistem berbasis PC lainnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s